186 Views

Inilah Sosok Ketua Majelis Hakim Perkara Ahok “Penista Agama”

Vonis kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah diputuskan. Hakim H. Dwiarso Budi, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara  yang menjadi hakim ketua pada persidangan kemarin (9/5/2017) akhirnya memutuskan Ahok dihukum dengan pidana penjara selama 2 tahun .  Tidak hanya itu,  hakim ketua  juga memerintahkan agar Ahok ditahan. Lalu siapakah  Hakim H. Dwiarso Budi . Hakim yang dikenal sederhana ini, setiap hari dari rumah ke kantor pulang pergi ia naik angkutan umum busway.

Lahir di Surabaya 14 Maret 1962, Inoenk begitu panggilan akrab H Dwiarso Budi Santiarto,SH.Mhum sampai sekarang pun masih tinggal di rumah dinas. Suami Yanti, SH. MH ( teman kuliah) dan ayah dua anak, Rio dan Anya ini pernah menjadi ketua pengadilan di Kotabumi, Kraksaan, Depok, Banjarmasin, dan Semarang.

Puteranya, Rio (S1 ITB S2 UI ) saat ini tinggal di Jepang bekerja sebagai pelayan toko. Sedangkan Anya (Hukum Unpar), sebagai pegawai pajak di Palangka Raya. Ada kisah menarik putera puteri Inoenk, ketika terjadi penangkapan terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar tempo hari. Kompak mereka meminta Inoenk berhenti jadi hakim karena merasa malu dengan professi ayahnya. Juga kompak berdua menyatakan biarlah mereka yang bekerja untuk menopang ekonomi orang tuanya.

Sarjana Hukum jebolan SI Universitas Airlangga dan S2 Universitas Gajahmada dan terakhir Lemhanas (2016) ini adalah mantan Atlet Hoki PON Jatim dan Atlet Tennis mewakili Provinsi di mana dia bertugas waktu itu.

Write a Reply or Comment